UKM Batik Nganjuk

Senin, 09 Mei 2016

UKM BATIK NGANJUK


UKM Batik Nganjuk. UKM (Usaha Kecil Menengah) yang sangat bagus di kembangkan di kabupaten Nganjuk khususnya dan pada umumnya dapat di kembangkan di seluruh wilayah Indonesia.Dengan UKM Batik Nganjuk kita menyumbang sekitar 60% dari PDB ( Product Dosmetic Bruto) dan juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat kita dengan UKM Batik Nganjuk.Jadi,bisnis UKM Batik Nganjuk akan terus berkembang dan memberikan peluang usaha bagi mereka yang menyukai dunia usaha batik.Semoga sukses UKM Batik Nganjuk.

Batik Nganjuk 

menggunakan dua cara dalam pembuatannya yaitu dengan cara menulis atau batik tulis, dan dengan cara di cap atau batik cap. Kalau menggunakan Batik Tulis maka alatnya adalah canting, sedangkan batik cap menggunakan cap atau stempel. Kain yang digunakan adalah kain Mori, Santung, Serat kayu dan Sutera.

Dalam membuat kain Batik Nganjuk, proses pengerjaannya dikerjakan oleh kaum laki-laki. Mulai dari pengecapan di atas kain putih dengan stempel. Kemudian dicolet dengan warna tertentu sesuai selera atau pesanan. Kemudian dipopok. Artinya motif yang sudah dicolet diberi malam (lilin) agar warnanya tidak ikut pudar atau ikut terkena warna lain. Dalam proses pemopokan ini, pembatik menggunakan canting untuk memopok bagian dari kain dengan warna tertentu. Setelah dipopok, kain direbus agar malam jadi luntur dankain kelihatan warna aslinya. Setelah itu barulah kain direndam dan dibilas dengan air dingin. Lalu dijemur di luar atau diangin-angin. Tidak terlalu rumit namun perlu ekstra teliti dan hati-hati dalam pembuatannya. Karena kain batik yang sudah terkena cap tidak bisa diulang kembali.



Khusus untuk Batik Nganjuk, pertumbuhan UKM di nganjuk itu sendiri.


batik khas Nganjuk, Batik Nganjuk,Ukm Batik nganjuk ,batik indonesia,nganjuk Batik, Batik Khas daerah nganjuk

0 komentar:

Posting Komentar